ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI JAKARTA KHUSUSNYA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA

 

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI JAKARTA KHUSUSNYA PADA BIDANG STUDI MATEMATIKA

Andi Sessu, Sessu

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta Tulisan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pencapaian orang tua, tingkat pendidikan orang tua, jumlah anggota keluarga. kesibukan orang tua dan lingkungan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri di DKI Jakarta, kemudian diambil secara acak salah satu kelas 2 IPA di SMA Negeri 13 Jakarta sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi 1) Observasi, 2) Studi dokumentasi, 3) Wawancara, 4) Kuesioner, dan 5) Soal tes objektif (Pilihan Ganda). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel tingkat pendapatan (X1), Tingkat Pendidikan (X2), Tingkat kesibukan (X4), dan faktor lingkungan (X5) dengan prestasi belajar matematika (Y). Dan tidak terdapat hubungan positif antara jumlah anggota keluarga (X3) dan prestasi belajar matematika (Y). Sedangkan Hubungan antara tingkat pendapatn (X1), tingkat pendidikan (X2), jumlah anggota keluarga (X3), tingkat kesibukan (X4) dan faktor lingkungan (X5) secara bersama sama dengan Prestasi Belajar Matematika (Y) ditunjukan oleh persamaan regresi ganda Y=24,4+0,129×2+0,0514×2-0,420×2-0,0855×2+0,0735×2, dengan nilai F hitung =3,16 yang lebih besar daripada harga F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi Y atas X1, X2, X3, X4, X5 adalah signifikan

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta Tulisan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat pencapaian orang tua, tingkat pendidikan orang tua, jumlah anggota keluarga. kesibukan orang tua dan lingkungan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri di DKI Jakarta, kemudian diambil secara acak salah satu kelas 2 IPA di SMA Negeri 13 Jakarta sebagai sampelnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, meliputi 1) Observasi, 2) Studi dokumentasi, 3) Wawancara, 4) Kuesioner, dan 5) Soal tes objektif (Pilihan Ganda). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel tingkat pendapatan (X1), Tingkat Pendidikan (X2), Tingkat kesibukan (X4), dan faktor lingkungan (X5) dengan prestasi belajar matematika (Y). Dan tidak terdapat hubungan positif antara jumlah anggota keluarga (X3) dan prestasi belajar matematika (Y). Sedangkan Hubungan antara tingkat pendapatn (X1), tingkat pendidikan (X2), jumlah anggota keluarga (X3), tingkat kesibukan (X4) dan faktor lingkungan (X5) secara bersama sama dengan Prestasi Belajar Matematika (Y) ditunjukan oleh persamaan regresi ganda Y=24,4+0,129×2+0,0514×2-0,420×2-0,0855×2+0,0735×2, dengan nilai F hitung =3,16 yang lebih besar daripada harga F tabel sehingga dapat disimpulkan bahwa regresi Y atas X1, X2, X3, X4, X5 adalah signifikan

Silahkan Unduh Disini!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *