Analisis Terhadap Penyelesaian Praktik Moral Hazard Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah menurut Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus: PT. Bank BNI Syariah)

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15709/

Analisis Terhadap Penyelesaian Praktik Moral Hazard Nasabah dalam Pembiayaan Murabahah menurut Perspektif Etika Bisnis Syariah (Studi Kasus: PT. Bank BNI Syariah)

Salami, Elfa

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian dari penyelesaian terhadap perilaku moral hazard yang dilakukan nasabah dalam pembiayaan murabahah di PT. Bank BNI Syariah dengan etika bisnis syariah. Ruang lingkup penelitian ini adalah penyelesaian pembiayaan murabahah bermasalah pada perilaku moral hazard nasabah yang dilakukan oleh pihak PT. Bank BNI Syariah dan cara penyelesaian sengketa pembiayaan murabahah pada perilaku moral hazard menurut perspektif etika bisnis syariah diantaranya as-sulh, at-tahkim dan al-qadha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode komparatif yang bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian dengan melakukan wawancara dengan divisi audit internal PT. Bank BNI Syariah mengenai nasabah pembiayaan murabahah yang melakukan perilaku moral hazard di PT. Bank BNI Syariah dan membandingkannya dengan penyelesaian sengketa dalam pembiayaan murabahah menurut perspektif etika bisnis syariah. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelesaian terhadap perilaku moral hazard dalam pembiayaan murabahah yang diterapkan oleh PT. Bank BNI Syariah sudah telaksana sesuai dengan etika bisnis syariah yaitu al-sulh, at-tahkim dan al-qadha. PT. Bank BNI Syariah juga memberikan kemudahan dan kelapangan dengan memberi tangguhan bagi para nasabah dalam melakukan kewajiban pembayaran. Dalam melakukan penyelesaian terhadap perilaku moral hazard yang terjadi, PT. Bank BNI Syariah selalu mengutamakan nilai-nilai etika yang baik serta melalui pendekatan yang agamis tanpa melakukan hal-hal yang dapat merugikan para nasabah PT. Bank BNI Syariah itu sendiri.

http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15709/1/FAI_PERBANKAN%20SYARIAH_%201407025040%20_%20ELFA%20SALAMI.pdf

Unduh!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *