Implementasi Konsep Eco-Office di Kantor Pusat PT. Pertamina (Persero)

Abstract

This study aims to apply the concept of environmentally friendly office or eco office by examining from the perspective of several supporting aspects in it such as Green Open Space, Materials Used, Energy Conservation, and Waste Management. This research uses descriptive qualitative method of sampling technique using purposive sampling technique of sampling data sources with certain considerations. Therefore, the researcher chose the Asset Operation Head Office and Healt Savety Environment informants. The data of this study were taken using participatory observation techniques, interviews, documentation studies and triangulation. Data analysis uses an interactive model using the stages of data reduction, data display and data conclusions. The results of this study conclude that: (1) Green Open Space (2) Materials used (3) Energy Conservation, (4) Waste Management.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep kantor ramah lingkungan atau eco office dengan mengkaji dari sudut pandang beberapa aspek pendukung didalamnya seperti Ruang Terbuka Hijau, Bahan Material yang Digunakan, Konservasi Energi, dan Manajemen Limbah. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif teknik sampling menggunakan Purposive Sampling teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Oleh karena itu, peneliti memilih informan Asset Operation Head Office dan Healt Savety Environment.data penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik observasi partisipasif, wawancara, studi dokumentasi dan triangulasi. Analisis data menggunakan model interaktif dengan menggunakan tahapan reduksi data, display data dan conclusion (kesimpulan) data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ruang Terbuka Hijau (2) Bahan Material yang digunakan (3) Konservasi Energi, (4) Manajemen Limbah.

Download : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/article/view/4684

Leave a comment

Your email address will not be published.