Pembuatan Mapping FloorMenggunakan Engine Game Unity dan Barcode

Abstrak

Peta ruangan dan penanda jalan sangat penting untuk memberitahu lokasi dan tempat yang  ingin dituju. Penanda jalan sudah hamper tersebar dimana mana.  Namun permasalahannya ialah tidak semua tempat memiliki peta ruangan, khususnya di Fakultas Teknik UHAMKA, di tiap lantai tidak terdapat peta ruangan yang menunjukan letak ruangan. Dengan adanya mapping  floor berbasis barcode, mahasiswa ataupun bukan mahasiswa hanya tinggal menscan barcode untuk mencari ruangan dan info ruangan. Barcode mapping ini dibuat dengan mekanisme sederhana untuk memudahkan pengguna mengakses dan mengunduh map offline dengan format PNG yang sudah dibuat dengan tanda lokasi pada saat melakukan scan. Lalu aplikasi mapping  floor dapat memberikan simulasi pemetaan ruangan secara per lantai sehingga pengguna dapat melihat view dengan 360 derajat. Aplikasi tersebut di buat dengan menggunakan engine unity. Pengimplementasian aplikasi dan barcode dilakukan di Gedung Fakultas Teknik UHAMKA. Data yang ditampilkan di dalam barcode berupa nama ruangan, kapasitas ruangan dan keterangan detail ruangan.

Author Biographies

Imaduddin Abdurrahim, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas TeknikEstu Sinduningrum, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas TeknikAtiqah Meutia Hilda, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta

Program Studi Teknik Informatika

Fakultas Teknik

References

D. Fritsch and M. Kada, “Visualisation using game engines,” Arch. ISPRS, vol. 35, p. B5, 2004.

“Unity – Game engine, tools and multiplatform.” [Online]. Available: http://unity3d.com/unity. [Accessed: 8-Feb 2018].

Siltanen, Sanni. “Theory and application of marker-based augmented reality”. VTT Science3.Espoo:Finland. 2012

Full PDF : https://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/2895/852

This web supported by : www.uhamka.ac.id

Leave a comment

Your email address will not be published.